conceptnova

Helping you to bring your concepts and ideas to life.

Tipe-tipe komunikasi

Dari yang saya ringkas dari sebuah buku, komunikasi dibagi menjadi 4 tipe :
- Komunikasi Intrapribadi
- Komunikasi Interpribadi
- Komunikasi Publik, dan
- Komunikasi Massa

Berikut eksplanasinya

Komunikasi Intrapribadi // adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri pada diri sendiri. *lha, gila dong?
Bukan berarti gila si. Tapi yang dimaksud adalah afirmasi. Setiap orang pasti sering ngobrol sama dirinya sendiri, misalkan...

Diri sendiri pada diri sendiri
"Wiiiih, hari ini seneng banget deh, cin!" atau
Diri sendiri pada diri sendiri
"Duh, ko aku bisa telat gini ya?"


Komunikasi ini digunakan untuk berfikir, memikirkan kemungkinan akibat dari perbuatannya, memecahkan masalah, dan memutuskan sesuatu.

Komunikasi Interpribadi // adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri kepada seorang lain.
Persis seperti ngobrol biasa, misalkan...

Diri sendiri pada Rendi
"Hey, Ren. Kapan kita bisa ketemu lagi?" atau
Diri sendiri pada Eka
"Jahh, ko kamu ga bisa sih, Ka?"


Komunikasi ini digunakan untuk membangun relasi antarpribadi a.k.a menjaring teman, menghindari konflik antarpribadi, menghindari ketidakjelasan sesuatu serta berbagi pengetahuan dan pengalaman terhadap sesama.

Komunikasi Publik // adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri kepada orang lain dalam jumlah banyak.
Seperti Bapa Camat yang lagi pidato, atau misalkan...

Pa Sarip pada Warga RT 07
"Bapak ibu semua, pilihlah saya menjadi ketua RT anda!" *halah atau
Ella pada temen sekelasnya
"Temen-temen! ada yang liat pulpen aku yang warna ungu ga??"


Komunikasi ini digunakan untuk menumbuhkan semangat (solidaritas), mempengaruhi orang lain, ngasi info, mendidik + menghibur.

Komunikasi Massa // adalah komunikasi yang dilakukan diri sendiri kepada orang lain dalam jumlah yang sangat banyak.
Seperti Chanta Dela Conceta lagi baca berita, atau misalkan...

Frida Lidwina pada pemirsa MetroTV
"Pemirsa, sebuah gempa berkekuatan 7,4 SR telah menggeboy Tasik pada 14.55 WIB" atau
Pidato Presiden SBY pada Malaysia via TV
"Saya berharap Malaysia menjaga sensitifitas bangsa Indonesia"


Komunikasi ini digunakan untuk menyebar info, meratakan edukasi, merangsang pertumbuhan ekonomi dan menciptakan kegembiraan dalam hidup seseorang.
Menurut UNESCO untuk informasi, sosialisasi, motivasi, bahan diskusi, pendidikan, memajukan budaya, hiburan, integrasi (penyatuan)

Sekian materi ini,
Raha mereksplanasi


3 komentar:

  1. Raha
    Said

    gravatar

    wekekekekew!!

    September 3, 2009 at 7:40 AM
  2. gravatar

    wacananya berguna untuk modul saya. terima kasih :)

    October 12, 2011 at 6:54 PM
  3. gravatar

    bedanya tipe sama bentuk komunikasi apa sih??

    May 29, 2012 at 6:15 AM